Pembangunan Drainase Genjot Pertanian Desa Legowetan

June 11, 2017

Negeri ini memang subur. Tanah permai di bentangan khatulistiwa yang tiada duanya di dunia. Ibarat sepenggal surga yang jatuh di bumi, aneka ragam tanaman pangan tumbuh hijau dan segar enak dipandang mata di sini. Belum lagi pepohonan yang rindang, tegak menjulang, menghijaukan belantara hutan di semua wilayah Indonesia.

Barangkali salah satu kepingan surga itu ada di Legowetan ini, salah satu desa dengan jumlah penduduk 3.460 jiwa yang masih dalam wilayah Kecamatan Bringin, Kabupaten Ngawi.

Desa ini kini sedang gencar melakukan pembangunan di berbagai bidang. Setelah selesai dalam pembangunan jalan paving, talud, gorong-gorong/jembatan, kini sedang menuntaskan pembangunan drainase dalam rangka untuk menggenjot sektor pertanian.

Sudah hampir sebulan sejak droping material, ada sedikitnya 15 orang yang ikut menjadi pekerja sebagai pemecah batu, pengaduk semen, pengusung pasir, tukang pasang dan aneka pekerjaan kuli bangunan lainnya.

“Pada musim hujan drainase di areal sawah ngetok ini sering banjir, mengakibatkan kerugian bagi para petani. Diharapkan setelah drainase selesai dibangun aliran air bisa lancar, pembagian air untuk semua petani bisa efektif dan efisien, karena saluran sebelumnya banyak yang bocor dan mengalir kemana-mana,” terang Tono, petugas pembagi air.

Senada dengan Tono, salah seorang tetua desa yang terlibat dalam proyek tersebut, Sarip, juga menegaskan bahwa pembagian air dari Waduk Pondok untuk mengaliri sawah bukan perkara yang mudah, karena harus adil sehingga tidak terjadi iri antar petani dan harus cepat sehingga petani yang sawahnya luas dan jauh dari saluran tidak merasa dianaktirikan.

“Pembangunan saluran air ini merupakan kelanjutan dari proyek-proyek sebelumnya di beberapa titik yang kini telah selesai dan siap digunakan. Padi yang sudah berumur sekitar 2 bulan, bulir-bulir padi sudah muncul semua atau istilahnya ‘byah’ membutuhkan air agar bulir padi kian berisi”, jelas Arif Pujianto, salah seorang tim pelaksana proyek tersebut

Sementara itu, Ida Dwi Rinawati, kepala desa Legowetan berharap pembangunan ini dapat meningkatkan kesejahteraan warganya. Pembangunan Drainase Genjot Pertanian Desa Legowetan.

“Semoga dengan drainase yang sudah selesai ini, panen padi bisa semakin melimpah, masyarakat Legowetan semakin sejahtera, kemiskinan semakin berkurang” terang Ida kepada tim redaksi.(alfa/yul)

Sumber : KampoengNgawi.com

Share this

Related Posts

First